Selama semester 8, kami mendapatkan pelajaran mengenai penjaminan mutu yang diasuh oleh Ibu Juli Rastitiati. Ada banyak pelajaran berharga yang kami dapatkan dari beliau. Nah, daripada catatan mengenai penjaminan mutu ini disimpan dalam note-ku sendiri, lebih baik aku bagikan saja ya sama kalian semua. Buat yang pengen nyalin, dipersilahkan, tapi aku gak punya versi word-nya, jadi silahkan copas di blog ini aja yaa ^^,
* Catatan Penjaminan Mutu oleh Ibu Juli Rastitiati *
Mutu adalah sebuah kondisi yang:
- sesuai dengan pagu / standar
- sesuai dengan harapan pelanggan
- sesuai dengan pihak-pihak yang terkait
- sesuai dengan yang dijanjikan
- sesuai dengan persyaratan
Beberapa definisi tentang mutu:
* Quality is directed at customer satisfaction
* Quality means "Meets Requirements"
* Quality applies to every product (physical product, information product, and service product)
* Quality is a profitable long-term investment
* Quality requires changing an organizing's culture
* Quality requires top management leadership
* Quality equates to "good business practice and system"
* Quality is everybody's job
* Quality requires a focus on people
* Quality is achieved through process of improvement
* Quality improvement is forever
* Quality must be a fundamental long-term goal of the organization
Itulah catatan dalam pertemuan pertama kami dengan ibu Juli, selanjutnya ibu Juli memberikan tugas pada kami, yaitu meminta kami mengadakan penelitian di hotel mengenai penjaminan mutu di hotel tersebut, dengan materi sebagai berikut:
1. Menanyakan ada tidaknya divisi khusus yang menangani Quality Assurance.
2. Jika ada, bagian apa yang menangani hal tersebut?
3. Jika tidak ada, penjaminan mutu dalam hotel tersebut ditangani oleh siapa?
4. Meminta contoh standar dari beberapa departemen, baik core standard maupun standard operating procedure-nya.
5. Bagaimana pelaksanaan standar di hotel tersebut.
Tugas ini merupakan tugas kelompok yang terdiri dari 3 orang dan dipilih sendiri oleh ibu Juli.
Tugasnya sih gampang-gampang susah. Gampang kalo punya relasi orang hotel yang bisa diwawancarai, dan susahnya kalo anggota kelompok gak mau bekerja sama, hahahahaha....
Catatan selanjutnya bisa dilihat di part 2 yahh ^^,
Monday, August 13, 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment